Langsung ke konten utama

STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)


Berikut ini Admin akan menjelaskan tentang almamater Admin Yaitu STMKG(Sekolah Tinggi Meterologi Klimatologi dan Geofisika)

STMKG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG), kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta, kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 – 1978 AMG dibawah Pusat Meteorologi dan Geofisika.
Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (KM. 55/OT/PHB-1978 31 Maret 1978).
Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (SK. Menhub No. KM 82 Thn 1999 Tgl 13-10-1999), dan kampusnya pindah dan berlokasi di Jl. Perhubungan I No.5, Komplek Meteo DEPHUB, Pondok Betung, Bintaro. Dan sampai tahun 2004 AMG tetap dibawah Badan Diklat dengan SK Menhub No. 72 Thn 2002 Tgl 2-10-2002.
Terhitung mulai 1 Januari 2005 AMG berada dibawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), berdasarkan SK KBMG No. 003 Tahun 2004. Tahun 2014 menjadi tahun yang bersejarah bagi keluarga besar STMKG, karena di tahun ini telah diundangkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tertanggal 23 April 2014 tentang perubahan Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
Berikut ini adalah Penjelasan singkat tentang jurusan-jurusan di STMKG(silahkan di search jg di http://www.stmkg.ac.id/)(bila ada pertanyaan mengenai STMKG silahkan comment pada postingan ini)

  1. Meteorologi
Terwujudnya peserta didik mempunyai sumber daya manusia di bidang meteorologi yang handal berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.
 Misi :
Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat meteorologi yang memiliki kemampuan professional dibidang Meteorologi.
Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Meteorologi, serta mengupayakan penerapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Meteorologi.
Standar Kompetensi Jurusan Meteorologi :

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan kegiatan analisa/prakiraan meteorologi penerbangan, meteorologi maritim dan meteorologi untuk pelayanan umum.

2.      Klimatologi
Visi :
Terwujudnya peserta didik mempunyai sumber daya manusia di bidang Klimatologi  yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

Misi :
Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat klimatologi yang memiliki kemampuan  professional dibidang Klimatologi.
Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Klimatologi serta mengupayakan penerapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Klimatologi.

Standar Kompetensi Jurusan Klimatologi :

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melaksanakan kegiatan analisa dan pengolahan data serta pelayanan jasa iklim dan kualitas udara.


3.     Geofisika
Visi :
Terwujudnya peserta didik mempunyai sumber daya manusia di bidang Geofisika yang handal berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.
Misi :
Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat meteorologi yang memiliki kemampuan professional dibidang Geofisika
Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Geofisika, serta mengupayakan penerapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Geofisika
Standar Kompetensi Jurusan Geofisika :

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan pengolahan dan analisa geofisika.

4.    Instrumentasi
Visi :
Terwujudnya peserta didik mempunyai sumber daya manusia di bidang teknik meteorologi dan geofisika yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.
Misi :
Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat teknik meteorologi dan geofisika yang memiliki kemampuan  professional dibidang Teknik Meteorologi dan Geofisika.
Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Meteorologi dan Geofisika serta mengupayakan penerapan untuk mrningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Teknik Meteorologi dan Geofisika.
Standar Kompetensi Jurusan Instrumentasi :

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu :Mampu melakukan instalasi perbaikan, kalibrasi dan pemeliharaan,peralatan meteorologi, kualitas udara dan geofisika, komunikasi dan komputer.
Terwujudnya peserta didik mempunyai sumber daya manusia di bidang teknik meteorologi dan geofisika yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

                Selain itu di STMKG diterapkan pendidikan dengan sistem semi-militer yaitu sistem yang menerapkan disiplin tinggi dalam sikap dan kehidupan taruna/i alasannya itu agar taruna/i nantinya dapat memiliki sikap, moral serta disiplin yang baik saat menjalani pekerjaannya menjadi kader Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di masa mendatang.

               Nah, Selain itu juga keunggulan lain dari STMKG antara lain:
-Kuliah gratis : Selama perkuliahan kampus tidak memungut biaya seperti perguruan tinggi pada umumnya jadi ,kita gak perlu bayar SPP,UKT, SKS Biaya pembangunan, yah biaya yg seperti itulah apapun namanya, tetapi saat pertama kali masuk calon taruna diwajibkan membayar uang pendaftaran sekitar 6-7 jutaan untuk biaya madabintal,seragam,atribut dll.
-Dapat TID: jadi selama tingkat satu taruna/i akan diberikan tunjangan ikatan dinas perbulan.yah klo angkatan saya sih 600.000/bulan
-Dapat jaminan kesehatan
-Setelah pendidikan akan diangkat menjadi CPNS dengan golongan IIIa
-Remunerasi:Bagi yang belum tau remunerasi itu apasih? jujur untuk jumlahnya penulis sendiri masih belum mengerti karna admin juga masih tingkat satu --__--,yah klo dikira" sih katanya lebih dari gaji pokok.
bagi kalian yang mau bertanya bisa coba di akun instragram official stmkg di @stmkgofficial atau mau tanya langsung ke admin @mfadilabdullah akan dibantu jawab kok

Komentar

  1. kak mau tanya, kalo ujian stmkgnya di mana ya? saingan pendaftarnya gimana kak? mksh

    BalasHapus
  2. Kalo ujian STMKG itu dilaksanakan di BKN terdekat dari daerah pendaftaranmu dek, kalo saingan itu pendaftar stmkg di buka untuk wilayah se-indonesia kalo info dari tahun lalu sih ada sekitar 8000 pendaftar dan akan diterima 250 pendaftar dek.

    BalasHapus
  3. Maaf ka aku mau nanya, kalo mata silinder gimana ka tp aku ga pake kacamata n dari syarat tinggi badan n dll masuk aja. Cuma itu ka gimana? Makasih

    BalasHapus
  4. Matamu minus gak dek?klo gk sih coba aja dulu

    BalasHapus
  5. Pernah periksa satu ny minus satu nya silinder ka, tp aku bukan pemakai kacamata sih ka. Gpp ya ka? Makasih

    BalasHapus
  6. minus berapa dek?, klo gk lebih dari persyaratan coba aja dulu dek

    BalasHapus
  7. Iya ka aku coba dulu, siapa tau ada rezeki nya. Hee
    Makasih byk pencerahannya ka :)

    BalasHapus
  8. Kakak sendiri ngambil jurusan apa kak? Saya mau tes kesitu juga

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Instrumentasi itu susah gak. Kakak sma apa smk

      Hapus
    2. Susah gak gak jurusan itu. Dan dulu sma apa smk. Klo sma ipa apa ips. Saya ipa

      Hapus
    3. Itu insturmentasi ngapain aja gan? Saya smk kelas 3 jurusan tkj,mau tau infonya,tolong balas ke email saya fajri310899@gmail.com terima kasih :)

      Hapus
  10. Kak tahun ini penerimaannya bulan apa kak?

    BalasHapus
  11. masih belum ada informasi dek

    BalasHapus
  12. kalo mau masuk sini, syarat pelajaran yang harus dikuasai atau lebih dikuatin itu pelajaran apa aja ya kak? terus cara belajar di sini itu gimana? maksudnya semi militer itu gimana kak?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kak ada syarat tinggi minimal ya? Kalau kurang 2cm gimana?

    BalasHapus
  15. Permisi kak. Bisa kasih tau info untuk TO Usm STMKG?

    BalasHapus
  16. klo pelajaran yg perlu buat ngebantu itu matematika,fisika dan bhs inggris dek.di STMKG tidak ada asrama.tinggi laki2 minimal 165 dek.klo untuk TO sy kurang tau dek coba cari di grup facebook info stmkg dek

    BalasHapus
  17. kak waktu tahun kedua dst itu masih diberi TID atau nggak atau katanya malah dapat gaji layaknya seorang CPNS. Itu yang betul mana kak?

    BalasHapus
  18. Kak itu waktu tahun kedua masih dikasih TID atau nggak, atau katanya malah dapat gaji layaknya seorang CPNS? trims

    BalasHapus
  19. Kak kalo daftar stmkg boleh pake behel engga ya? Trimakasih

    BalasHapus
  20. Kak kalo daftar stmkg boleh pake behel engga ya? Trimakasih

    BalasHapus
  21. klo angkatan sy tahun ini masih dapat kesempatan pkl dan jadi cpns dek tapi untuk tahun berikutnya sy jg masih belum tahu karna mungkin tdk ada pkl lagi.klo masalh behel sy jg kurang tau dek klo daftar kayaknya gk masalah tapi klo lulus tesnya harus buka behelnya dek

    BalasHapus
  22. kak di STMKG itu sistemnya asrama kah atau ya.apa? dan masa studynya itu semuanya D4 gitu ta?? dan ada sistem DO ndak jika nilai turun dari semester sebelumnya?

    BalasHapus
  23. kak sistem studynya disana itu asrama atau ya.apa? dan study disana itu semua jurusan itu harus D4 atau boleh milih? dan ada sistem DO ndak?? kalo misalkan nilai semester turun dari nilai sebelumnya??

    BalasHapus
  24. kak disana itu sistem studynya asrama atau ya.apa? dan lama studynya itu memang harus D4 atau boleh milih kayak di STAN? dan ada sistem DO ndak?? kalau misalnya nilai semester turun?

    BalasHapus
  25. Klo biaya daftar ulangny brapa kak? Trs bagi yg tdk mampu gmana?

    BalasHapus
  26. Klo biaya daftar ulangny brapa kak? Trs bagi yg tidak mampu gmana?

    BalasHapus
  27. Klo biaya daftar ulangny brapa kak? Trs bagi yg tidak mampu gmana?

    BalasHapus
  28. Jadi gini ya dek seperti yang sy jelasin sebelumnya stmkg itu gk ada asrama dek jadi cari kos sendiri disekitar kampus.awalnya d1 dulu dek tapi untuk tahun ajaran berikutnya sy jg masih belum tau d1 tetap ada atau tidak dan keseluruhannya itu sampai d4 dek. di kamps ada sistem DO klo IP tidak sampai standar 2.75, biaya daftar ulangnya sekitaran 6/7 jt an dek.klo tidak salah klo tidak mampu nanti ada bantuan dari kampus tapi sy jg kurang tau pastinya gimana

    BalasHapus
  29. Mau tanya, kalo jurusan meteorologi tentang apa yaa ?

    BalasHapus
  30. Mau tanya kalo jurusan meteorologi tentang apa yaa ?

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. meteorologi itu ilmu yang mempelajari cuaca misalnya awan,suhu dll.klo berlubang lebih baik ditambal dek.atau dicabut sekalian dan klo gigi palsu tdk masalah.asal gk parah/bnyk

    BalasHapus
  33. ka, yg mau daftar ke stmkg ini persiapan latihan fisiknya apa aja ya ka yg mesti disiapin buat tes nanti?

    BalasHapus
  34. kak gimana klau jurusan ips mendaftar di STMKG dan sudah terlanjur membayar ? apakah bisa di terima ?

    BalasHapus
  35. Wah dek,klo jurusan ips itu gk bisa lolos dek, klo sudah terlanjur membayar kayaknya sudah tidak bisa dikembalikan atau coba hubungi panitianya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo smk kesehatan bisa ga? aku belajar instrumen tentang BOD COD gitu kan...

      Hapus
    2. Berarti kita yang anak ips ngak ada peluang dong kak buat masuk stmkg? :(

      Hapus
    3. Saddd :"( masa ips gabisa...kan harusnya ips itu yg ada mapel geografi

      Hapus
    4. memang ada pelajaran geografinya tapi diperlukan juga pelajaran2 ipa sebagai syarat pendaftaran serta dalam pembelajarannya nanti

      Hapus
  36. Kak tadi katanya gratis trus saya lihat di comment knpa bayar 6/7 juta

    BalasHapus
  37. kalo sudah kuliah memang tidak ada pembayaran lagi dek,cuman untuk daftar ulang itu memang membayar untuk biaya madabintal dan seragam.setelah itu tidak ada pembayaran lagi

    BalasHapus
  38. kalo jurusan klimatologi itu tentang apa ka ?? tinggi minimal co tahun ini bukannya 163cm ya ka ??

    BalasHapus
  39. jurusan klimatologi itu tentang apa ka ?? tahun ini minimal tinggi co bukannya 163cm ya ka ??

    BalasHapus
  40. klimatologi itu jurusan yang mempelajari tentang iklim dan seluk beluknya, cuaca jangka panjang serta kualitas udara dek.iya dek untuk tahun ini batasnya 163 dek.komentar sy diatas sy koreksi.

    BalasHapus
  41. kak kenapa kok jurusan ips gak bisa masuk ke STMKG??

    BalasHapus
  42. kak kenapa kok jurusan IPS gak bisa masuk STMKG??

    BalasHapus
  43. Tetap Semangat Kak Fadil Terima kasih Info nya.

    BalasHapus
  44. Tetap semangat Kak Fadil Dan Terima Kasih Infonya

    BalasHapus
  45. untuk tes kesehatan selain mata apa aja kak?

    BalasHapus
  46. Kak mau tanya kalau lulus tes dan brangkat ke jkt itu biaya sendiri atau dtanggung negara? Kmudian saat sesi kuliah IP dibawah 2.75 langsung DO atau diberi peringatan I/II/III terlebih dahulu ?

    BalasHapus
  47. ada banyak dek tinggi badan,berat badan,thorax, riwayat penyakit tes narkoba dll.dek itu nanti klo lolos tes tkd dan tka dek.untuk biaya kesana biaya sendiri dek.klo ip dibawah 2.75 biasanya dikasih remidial dulu jika sudah remed tapi nilai tetap tidak memenuhi baru DO dek

    BalasHapus
  48. Kak kalo gigi gerahamnya tanggal satu di biarkan saja atau memakai gigi palsu? Terimakasih kak

    BalasHapus
  49. kak jurusan geofisika yg dipelajarin apa aja kak?

    BalasHapus
  50. Kak mau tanya, bisa jelasin masing masing keunggulan dari jurusan yang ada di stmkg kak ?? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  51. Kak bisa jelasin jurusan di stmkg kak ? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  52. kak boleh tau tes disana apa saja ya ?

    BalasHapus
  53. kak di form pendaftaran klo kita belum dapat nilai rapor kelas 12semester 2 bagaimana kak ? tetap diisi atau dikosongi saja ? makasih

    BalasHapus
  54. Kak minta tolong jelasin jurusannya masing" dan pelajaran yang menyangkut jurusannya kak, thanks

    BalasHapus
  55. Kak minta tolong jelasin jurusannya masing" dan pelajaran yang menyangkut jurusannya kak, thanks

    BalasHapus
  56. mau tanya kalau pakai behel apakah bisa lolos tes kesahatan ?
    terimakasih infonya

    BalasHapus
  57. kak tinggi saya 163 . tapi berat badan saya 42 . apakah ada kemungkinan untuk lulus tes kesehatan ?

    BalasHapus
  58. kak tinggi saya 163 . tapi berat badan saya cuma 42 . apakah ada harapan untuk lolos di tes kesehatan ?

    BalasHapus
  59. Ane lolos tkd ni ka. Untuk tka sesusah sbm ngga ya?

    BalasHapus
  60. Boleh minta id line? Untuk tanya2

    BalasHapus
  61. @YoelGultom itu tergantung individu masing2 sih dek,saya sma ipa dek.ips gk bisa daftar

    BalasHapus
  62. Kak, kalau jurusan geofisika itu tentang apa saja ? Kakak masuk jurusan yg mana ?

    BalasHapus
  63. Kak, kalau geofisika itu tentang apa saja? kalau kakak masuk jurusan yg mana?

    BalasHapus
  64. Selama pendidikan itu ada kekerasan dari senior gak kak?

    BalasHapus
  65. Selama pendidikan itu ada kekerasan dari senior gak kak?

    BalasHapus
  66. Kak di stmkg itu semi militer apa ndak kak? Trus kalo berat badan agak lebih gimana? Sama tempat kuliahnya jauh dari kota apa khusus kawasan stmkg ?

    BalasHapus
  67. Geofisika itu ilmu yang mempelajari sifat2 fisis bumi dek,sy Instrumentasi.
    gk ada kekerasan dek, tapi dilakukan pembinaan agar dapat disiplin.
    iya dek di STMKG diterapkan semi militer.dicoba aja dek dulu dan tetap usaha biar badannya ideal.lokasinya di tangerang selatan bisa di cek di google maps dek

    BalasHapus
  68. Kalo prospek kerjanya sendiri gimana ka? terus seleksinya sebelum sbm atau sesudahnya? waktu angkatan kaka berapa nilai minimum seleksinya?

    BalasHapus
  69. Kak mau bertanya, di stmkg itu saat babak penyisihan kan ada tes tulis, itu biasanya soal2 dari mana aja kak? Terima kasih

    BalasHapus
  70. kak ada itungan dikasi kuota per daerah gak?atau langsung penghitungan secara menyeluruh senasioanl?

    BalasHapus
  71. Untuk prospek kerjanya setelah pendidikan D4 akan langsung diangkat menjadi cpns, untuk tes terulisnya itu ada tkd sama tka untuk tes tahun 2016 semuanya pakai sistem CAT bnyk kok bukunya dek soal-soalnya pake sistem CAT,untuk kouta perdaerah ada dek tergantung persyaratan tiap penerimaan di bukanya.

    BalasHapus
  72. Kak jurusan ips bisa masuk situ nggak kak

    BalasHapus
  73. Kak kalau mau masuk stmkg itu harus pinter gk sih? Maksud nya pinter bgt gitu,,, saya ini bagus di mtk cuma fisika nya kurang
    Dapet ipk 2.75 itu susah gk ya

    BalasHapus
  74. Kegiatan2 taruna stmkg sehari2 diluar bidang akademis apa aja kak? Semi militernya itu kayak gimana?

    BalasHapus
  75. @andreo gk bisa dek cuman untuk ipa dan smk jurusan tertentu.@karsavicka klo bilang harus pintar ya minimal kamu bisa ngelewatin tes tkd dan tka nya lah dek menurut sy gk begitu susah juga kok levelnya mirip ujian nasional lah kira2 kmu bisa persiapin dengan mengerjakan contoh soal-soal CAT atau buku persiapan ptb stmkg juga udah banyak yg jual kok dek, klo untuk ip yang penting usaha aja dulu dek .@sendi banyak ekstrakurikuler kok dek di kampus ada kegiatan olahraga, marching band, padus, kegiatan keagamaan, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak untuk buta warna parsial masih bisa diterima nggak kak ?

      Hapus
  76. Kak., kakak ada link soal &pembahasan ujian masuknya ?

    BalasHapus
  77. @paulina maaf ya dek sy gk nyediain soal-soal ptb, silahkan cari aja banyak kok yang jual buku soal persiapan ptb stmkg

    BalasHapus
  78. Kak untuk buta warna parsial masih bisa ditoleransi nggak kak ?

    BalasHapus
  79. Kak kalau mata minus bisa masuk gk? Kalau bisa minimalnya berapa?

    BalasHapus
  80. kak peminat/pesaing yang paling banyak itu di kelas meteorologi, klimatologi,geosifika atau instrumentasi ?

    BalasHapus
  81. @Redho Yoga:setau saya tidak boleh buta warna dek, untuk mata minus juga maksimal -1.untuk pesaing terbanyak itu relatif dek, tergantung dari kuota kelas yang diterima setiap pendaftaran, untuk angkatan saya kemarin karna meteorologi buka kelas paling banyak jadi lebih banyak pendaftarnya

    BalasHapus
  82. kak mau tanya saya tinggi badan sudah memenuhi kak tapi saya orngnya gemuk kak. itu berpengaruh gk kak?

    BalasHapus
  83. @CanderifAmsal Sebenarnya berpengaruh dek tapi silahkan coba aja dulu.yang penting untuk tes tkd dan tka mu bisa lulus. @Deby maaf dek untuk smk kesehatan setau sy gk bisa klo mau coba tanya ke helpdesk panitia di (
    (https://ptb.stmkg.ac.id)

    BalasHapus
  84. kalo misal penjurusannya sesuai dengan yang kita pilih atau nilai nya masih di rata2 in dan di tentukan sesuai nilai kita ?

    BalasHapus
  85. kak mau tanya, di stmkg sama sekali ngak ada tes fisiknya ?? misalnya lari ??

    BalasHapus
  86. Waahh... Nggk terasa tinggal 4 hari lagi pendaftaran akan dibuka.. persiapan dulu.. smoga aja bisa lolos & lulus, Amiin.. Barakallah :)

    BalasHapus
  87. @Azzahrah setau sy sih waktu diangkatan saya itu sesuai dengan jurusan yang dipilih tpi klo ngeliat dari penerimaan tahun berikutnya ada yang lulus tapi jurusannya gk sesuai dengan yg dia pilih nah semua itu bergantung dari kuota jurusan setiap penerimaan klo gk salah, untuk tes fisik dari penerimaan tahun kemarin ada dek tpi silahkan ditanyakan kepanitia ptb untuk lebih jelasnya.
    @Fahmi Amin, Selamat berjuang

    BalasHapus
  88. @fadil abdullah kak saya mau dftr di stmkg tahun ini jurusan instrumentasi karna saya dari smk multimedia .kira2 bisa masuk ya kak dan saya mau tanya sekilas info tentang jurusan instrumentasi ini

    BalasHapus
  89. Silahkan dek semoga beruntung

    BalasHapus
  90. kalo jurusan multimedia bisa daftar gak ya? thx

    BalasHapus
  91. Kak saya punya 2 nik yg sma" aktif
    Yg saya daftarkan NIK yg tidak ada di ktp saya tetapi ada di KK
    Apakah boleh??

    Mohon pencerahannya :)
    Makasih

    BalasHapus
  92. Paskah:setahu sy yg bisa mendaftar sesuai dengan ketentuan di (https://ptb.stmkg.ac.id).
    @Ahmad kok bisa dek?bukannya NIK ktp itu dari KK?menurut sy daftar yg sama NIK di KTP sama KK.soalnya nanti bisa bermasalah untuk pemberkasan nantinya

    BalasHapus
  93. kak mata saya silinder sebelah kiri, tapi kanan normal aja... itu masih boleh daftar gak ya kak??

    BalasHapus
  94. Permisi kak, kalo tes wawancaranya gimana? Tes wawancara bahasa inggris misalnya?

    BalasHapus
  95. kak stmkg itu semi militer ya? semi militer disana itu bagaimana ya baris berbaris aja atau setiap hari latihan fisik gitu?

    BalasHapus
  96. Bang Fadil, kalo gigi geraham tanggal satu masih bisa di terima di STMKG?

    BalasHapus
  97. Haezar:untuk itu sy jg kurang tahu dek untuk pastinya coba ditanyakan di helpdesk ptb stmkg.
    Aang:waktu dulu tes wawancara berbeda2 itu biasanya tergantung pewawancaranya biasanya ditanya alasan masuk stmkg, serius atau tidak ditanya soal kehidupan kampus dll.
    Wildan :iya semi militer dek,maksudnya disini semi militer bukan cuman soal baris berbaris aja atau latihan fisik setiap hari selain itu diharapkan agar taruna stmkg itu dapat disiplin serta memiliki sifat hormat(respect) jadi semua ada aturannya dalam kuliah.
    Ridho:di Coba aja dek yang penting keadaan tubuhnya sehat

    BalasHapus
  98. Kak untuk stmkg, taruni diberikan izin untuk melaksanakan ibadah haji atau ga? Semacam cuti sebulan gitu

    BalasHapus
  99. kak .. kalau masuk stmkg dan pernah juara olimpiade kebumian tk kab. dan prov. apakah akan menjadi pertimbangan panitia penyeleksi sehingga peluang lebih besar ?

    BalasHapus
  100. Kak saya mau tanya, kalo jurusan ips kira" bisa ga ya kak buat masuk stmkg? Klo untuk nilai fisika saya ikut lintas minatnya kak, tolong bantu kak dijawab ke email saya azharasherlinaputri@yahoo.com

    BalasHapus
  101. Kak, mau nanya,kalau lulusan smk multimedia bisa daftar di stmkg nggak kak?

    BalasHapus
  102. Kak apa benar di stmkg itu 1 tahun pendidikan lalu 1 thn pkl, ntar lanjut lagi pendidikan 3 tahun?

    BalasHapus
  103. Kak. Aku baca2 di web sebelah mata silinder ndak boleh ya?? Terus kalu giginya gingsul itu boleh atau nggak?atau harus rapi????

    BalasHapus
  104. Mo nanya bg.. Klo udh lolos tahap akhir kn bayar uang seragam 6-7 jt, nah bayarnya tu harus langsung lunas atau boleh nyicil ya bg?

    BalasHapus
  105. @Annisa sy kurang tahu dek tapi mungkin nanti ada kebijakan dari kampus krna sebelumnya blum pernah terjadi.
    @arima tentu akan ada pertimbangan prestasi juga yang penting lolos tes CAT nya dulu,
    untuk masalah lama pendidikannya itu udah sekarang ini udah langsung 4 tahun tanpa pkl dek jadi ntar langsung d4 dan untuk lulusan ips gk bisa, cuman untuk IPA/smk tertentu
    @habiba iya dek harus langsung lunas
    @aisyah iya gk boleh dek, klo masalah gigi sy jg yakin tpi silahkan coba aja dulu tesnya dek

    BalasHapus
  106. Kak, kalau punya riwayat ambeien ada kemungkinan untuk lolos tes kesehatan nggak?

    BalasHapus
  107. selamat malam kak, saya mau bertanya, apabila seorang siswa nilainya sudah melewati standar dalam arti nilainya sudah dpt diterima di stmkg ini.. jika sang siswa itu berkacamata lebih dri minus 2 tetapi terhadap persyaratan yang lain, ia lebih dari memenuhi, gimana itu kak? berapa persen kemungkinan siswa tersebut akan diterima distmkg? terima kasih

    BalasHapus
  108. Prestasi yang dipertimbangkan itu cuma akademik apa non akademik juga kak?

    BalasHapus
  109. Kalauu misalkan kita udah masuk ada pelatihan kyk taruna gitu nggk kak ?

    BalasHapus
  110. kak pendaftaran tahun ajaran 2018/2019 kapan dibuka? terimakasih

    BalasHapus
  111. ka jurusan multimedia bisa masuk instrumentasi ga ya? kan mirip mirip jurusan teknik komputer dan jaringan

    BalasHapus
  112. Kak, daftar stmkg harus pake skck ya? Gimana sama yg belum punya ktp? Soalnya ,umur saya 16 tahun lebih.

    BalasHapus
  113. Mau tanya, kalau jurusan kontrol mekanik bisa daftar di jurusan instrumentasi nya ga ya ka? Trims.

    BalasHapus
  114. Kak mau tanya, jurusan yg paling seru di stmkg apa ka?

    BalasHapus
  115. Assalamualaikum kaka,,, permisi kak saya mau tanya saya insyaallah tahun depan mau ikut tes STMKG, tapi saya bermasalah pada tinggi badan. Dan alhamdulillah dapat izin dari orang tua, yang awalnya mereka tidak mengizinkan sekarang mengizinkan saya. Bisa minta bantuan kaka , jika kaka berkenan boleh saya minta sosmed kaka ig, ID line, fb atau WA.. Saya hanya sekedar bertanya tanya tentang beberapa hal yang ingin saya ketahui sebelum saya mendaftar tahun depan, dan saya ingin mempersiapkan segalanya sebelum pendaftaran,,, jika kaka berkenan membantu, mohon bantuannya kak. Krna ini salah satu impian saya... Wassalam

    BalasHapus
  116. Kak, mau tanyak. Kalau misal kita dari ips tapi punya peminatan fisika dari kelas 10 sampe kls 12 gmn kak?

    BalasHapus
  117. kak, kalau ips tapi ikut peminatan fisika gmn kak?

    BalasHapus
  118. @Daniel sukikit=dicoba aja dulu dek, yang penting buka penyakit yg berbahaya atau bawaan kyknya gk masalah

    @lc ningrum=prestasi yang diutamakan itu akademik tapi yg non akademik juga bisa jadi pertimbangan.

    @indana zulfa= untuk masuk stmkg itu sendiri ada batasan umurnya dek klo 16 tahun blum bisa daftar.

    @aisyah mutmainnah RM=udah pasti itu dek,karna kami disini sistem ketarunaan

    @fenty herman @shin=coba cek ketentuan pendaftar bisa klo gk salah

    @Fitriaa Rha=jurusan paling seru?itu tergantung passion mu sendiri dek ,semua jurusan seru klo emang disuka.klo menurut sy sendiri sih instrumentasi itu seru

    @Andi Aida= silahkan kontak saya di google+ aja dek

    @Irull Game=ips gk bisa dek


    BalasHapus
  119. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  120. Ka biasanya stmkg mulai masuk berapa minggu dari daftar ulang ya?

    BalasHapus
  121. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  122. Apakah gigi ga rapi bisa lolos stmkg?

    BalasHapus
  123. Apakah gigi ga rapi bisa lolos stmkg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba saja dulu ikut tesnya, setau sy gk ada masalah

      Hapus
  124. Apakah gigi ga rapi bisa lolos stmkg?

    BalasHapus
  125. kak klo org yg pnya amandel dgn varices msih ada harapan gk msuk stmkg?

    BalasHapus
  126. kak tes kesehatan STMKG itu ketat sekali ya? seluruh badan diperiksa tanpa terkecuali? saya lihat web katanya yang ada bekas luka itu tidak boleh ya ?

    BalasHapus
  127. Apa tingkat kelulusan IPS untuk sekolah di stmkg GK ada KK.lantas kenapa program pemerintah di IPS ilmu geografi. saya sendiri dari 28 siswa di kelas memilih pilihan geografi di ujiang nasional saya dominan ingin belajar tentang bumi.apa anak IPS gak bisa sekolah kedinasan stmkg

    BalasHapus
  128. Dan kalo saya tau dari dulu saya gak ngambil jurusan geografi pada ujian nasional saya.lantas buat apa anak IPS belajar geografi tapi yang di butuh kan cuma anak IPA.anak IPS juga punya hak untuk belajar ilmu bumi buka cuma anak IPA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul,padhal saya ingin sekali masuk STMKG apadaya anak ips jdi gk guna belajar geografi klok gk bisa masuk STMKG

      Hapus
    2. Iya dek,IPS gk bisa masuk ke STMKG .Karena selain karna administrasi basic ilmu IPA sangat diperlukan di jurusan yang ada di STMKG

      Hapus
  129. ka pas tahun angkatan kaka, banyak ga teman-teman kaka yang kena DO ?

    BalasHapus
  130. Kak saya anak ips!apakah sya pnya peluang untuk masuk Stmkg? Karena kalau di SMA ku skrg geografi hanya dapat dipelajari pada jurusan ips!

    BalasHapus
  131. Kalau giginya copot satu gak boleh ya/ giginya tembelan?

    BalasHapus
  132. Kak kalau tinggi bdan aku 170 tpi brat badan aku kurngLebih 90 lolos nggk yha?

    BalasHapus
  133. Kak, kalau sudah kuliah di geologi 2 semester tp pas SMA jurusan IPS trs baru daftar ? Kira2 bisa diterima ga?

    BalasHapus
  134. Kak, kalau sudah kuliah di geologi 2 semester tp pas SMA jurusan IPS trs daftar di stmkg. Kira2 bisa diterima ga?

    BalasHapus
  135. Kak kalau jurusan IPS bisa masuk ngk kak

    BalasHapus
  136. kak kira2 biaya tes kesehatnnya nanti berapa?

    BalasHapus
  137. Assalamualaikum wr.wb...
    Kak mau nanyaa. Aku dri jurusan ipa tpi lintas minatnyaa di biologi. Jdi yg pass diujian nasional biologi bkn fisika kan ka. Tapi yg dimintaa inputt datanyaa yg dftr bmkg IPa fisika UN, gmana dong kak? Mksih tolong respond yah kak

    BalasHapus
  138. Kak klau amandel bisa gak lolos tes kesehatan?

    BalasHapus
  139. Assalamu Alaikum, mau bertanya sdh berapa pendaftarannya 2018/201dan berapa jumlahnya siswa yg diterima? Apa bisa mendaftar klu tinggi bdn cums 160cm? Trimakasih

    BalasHapus
  140. assalamu'alaikum. ka kalau un ambil kimia bisa tembus stmkg ga?

    BalasHapus
  141. terus kalau nilai un di bawah 70 bagaimana?

    BalasHapus
  142. Aduh padahal di IPS Ada geografi, Ku Kira mendukung ternyata tidak. Pupus sudah:(

    BalasHapus
  143. Balasan
    1. Gk masalah dek,yang penting syarat2 lain terpenuhi

      Hapus
  144. Kak kalo yg punya penyakit asma itu nanti ngaruh ga kak sm tes kesehatan? Kira2 msh ada peluang lolos atau engga?

    BalasHapus
  145. Kalo SMA-nya jurusan IPS apakah bisa masuk ka?

    BalasHapus
  146. Kalo jurusan desain grafis atau multimedia bisa masuk stmkg tdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk PTB terakhir SMKcuman dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputerdan Jaringan yang bisa diterima

      Hapus
  147. Assalamualaikum ka, saya tinggi 165 berat 45 dan gigi kurang rapi apa ada peluang masuk saat tes kesehatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,iya dek bisa dicoba sj nanti klo pendaftaran sudah buka lg

      Hapus
  148. Kak mau tnyak apakah taruni yang diterima dikit ? dan kira kira setiap tahun yang daftar taruni bnyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kuota taruna/i tergantung kebijakan dan formasi yang tersedia dek setiap penerimaan dek,tunggu info penerimaan lg aja tahun depan jika ada

      Hapus
  149. Kak katanya kalau di stmkg wajib karate apakah diharuskan bisa untuk selanjutnya?. Aku Pengen masuk stmkg tapi aku kurus banget dan punya cilinder,apakah ngga ada harapan buat aku buat masuk ke stmkg ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf dek,jika ada silinder setau sy tidak bisa.tahun ini juga stmkg tidak buka pendaftaran.

      Hapus
  150. Syalom kaka,saya hendak bertanya tanggal gigi dan anak ips apakah bisa coba STMKG?

    BalasHapus
  151. anak ips bisa masuk stmkg tidak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Akar,Batang,Daun Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Dari Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan Monokotil dan Dikotil 1)       Akar: A)      DIkotil: (1)     Tersusun dari akar tunggang (2)     Batas ujung akar & kaliptra tidak jelas (3)     Perisikel terdiri dari satu lapis sel (4)     Perisikel membentuk cabang meristem sekunder.contohnya Kambium dan Kambium Gabus. (5)     Empulur sempit/tidak memiliki empulur  pada pusat  akar. (6)     Xilem berada di dalam dan floem berada di luar. (7)     Memiliki cambium. B)       Monokotil: (1)     Jenis akar serabut. (2)     Batas ujung akar dan kaliptra jelas (3)     Perisikel terdiri dari beberapa lapis sel yang berdinding tebal yang hanya membentuk akar. (4)     Xilem dan floem letaknya berselang seling. (5)     Empulurnya luas pada pusat akar. (6)     Tidak memiliki cambium. 2)       Batang: A)      Dikotil: (1)     Batang bercabang. (2)     Pembuluh angkut teratur dalam susunan lingkaran. (3)     Punya cambium vaskuler,sehingga dapa

Unsur instristik dan ekstrinstik Novel Narnia dan Novel 99 Cahaya di Langit Eropa

Sinopsis Novel Narnia : Keponakan Penyihir Cerita ini dimulai di  London  sekitar tahun 1885, ketika dua anak,  Digory Kirke  dan  Polly Plummer  bertemu. Pada suatu hari, ketika sedang menjelajahi loteng rumah, mereka tanpa sengaja masuk ke ruangan yang salah dan mengejutkan paman Digory,  Andrew Ketterley . Paman Andrew, seorang  penyihir  yang belajar sendiri, menipu Polly untuk menyentuh sebuah  cincin  ajaib yang berwarna kuning. Hasilnya adalah Polly tiba-tiba lenyap. Lalu paman Andrew menipu Digory untuk mengikut Polly dengan memakai cincin lain, dengan janji bahwa Digory bisa membawa kembali Polly dengan menggunakan cincin ajaib berwarna hijau. Cincin-cincin tersebut memindahkan Polly dan Digory ke sebuah  hutan  dengan banyak  mata air . Di hutan tersebut,  Hutan antara Dunia-dunia , mereka menemukan bahwa ketika cincin yang tepat dipakai, dengan melompat ke mata air yang berbeda, mereka bisa masuk ke dunia yang lain. Digory meyakinkan Polly untuk ikut dan menjelajahi be