Langsung ke konten utama

Konsep Dasar Listrik



A.                Pendahuluan
·         Komputer
·         Televisi
·         Rdio
·         Printer
·         Faximile
·         Lampu lalu-lintas
·         Lampu penerangan jalan
·         dan masih banyak contoh yang lainnya.
Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemui suatu alat yang mengadopsi listrik & elektronika sebagai basis teknologinya, contoh ;
Dari uraian di atas kita dapat membuktikan bahwa pada zaman sekarang ini kita tidak akan lepas dari perangkat yang menggunakan listrik & elektronika sebagai dasar teknologinya.
B.                 Elektronika
Elektronika, ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika. Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices).
Contoh : radio, TV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD, kamera video, kamera digital, komputer pribadi desk-top, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card, dll.
C.                 Listrik
Kelistrikanaa adalah   sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik, dapat juga diartikan sebagai berikut:
•Listrik adalah kondisi karena adanya penarikan dan penolakan gaya diantaranya.
•Listrika adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel .Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif kesaluran negatif.
Ada 2 jenis muatan listrik: Positif dan Negatif.
Melalui eksperimen,muatan-sejenis saling menolak dan muatan lawan jenis saling menarik satu sama lain
D.                Sifat dasar bahan semikonduktor
Pembahasan Materi:
•Teori atom
•Struktur atom bahan semikonduktor
•Struktur atom silikon dan germanium
•Sifat Konduktor, isolator dan semikonduktor pada pembuatan komponen elektronika
•Sifat bahan semikonduktor murni
•Arus pada semikonduktor
E.                 Teori Atom
· Atom adalah partikel yang sangat kecil dan terdiri atas proton, elektron dan neutron.
· Proton merupakan partikel sub atom yang bermuatan positip.
· Elektron adalah partikel sub atom yang bermuatan negatif.
· Sedangkan neutron partikel yang tidak bermuatan.
· Ion adalah atom atau gugus atom yang bermuatan listrik.
· Hasil percobaan menunjukan semua muatan positif berkumpul pada sebuah titik ditengah-tengah atom yang disebut inti atom
· Elektron  memiliki sifat tarik menarik dengan proton dan tolak menolak sesamanya. Maka lahirlah konsep listrik.
· Menurut konvensi, proton bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif sedangkan neutron bersifat netral .  Dikatakan netral apabila besarnya muatan negatif pada elektron sama dengan muatan positif pada proton.
· Berdasarkan penelitian Rutherford yang diteruskan oleh Niel Borh mengemukakan elektron –elektron dari suatu atom tersusun atas beberapa kulit atau orbit yang berbeda pada jarak yang berbeda dari inti atom.

F.                  Struktur atom bahan semikonduktor
·         Elektron valensi adalah elektron-elektron yang terletak dikulit(orbit) terluar sebuah unsur. Bahan-bahan yang bervalensi 3 atau sering disebut trivalen, membentuk berfungsi membentuk bahan tipe P, bahan tipe P adalah bahan yang kekurangan elektron.
·         Sedangkan bahan-baha n yang valensi 5 atau pantavalen berfungsi membentuk bahan tipe N. Bahan tipe N ini merupakan bahan yang kelbihan elektron

G.                Sifat Konduktor, isolator dan semikonduktor pada pembuatan komponen elektronika
Konduktor adalah bahan yang konduktivitasnya tinggi sehingga dapat mengaliri arus listrik dengan baik. Contoh : tembaga, seng alumunium, bajadllIsolator adalah bahan yang tidak dapat menghantarkan listrik karena konduktifitasnya sangar rendah. Semikonduktor konduktifitasnya di antara konduktor dan isolator.Jalur energi dapat di bagi menjadi 3 :
1.Jalur valensi (valence band)Penyebab terbentuknya jalur valensi ini adalah adanya ikatan atom yang membangun kristal2. Jalur konduksi (conduction band)Jalur konduksi adalah tempat elektron-elektron dapat bergerak bebas karena pengaruh gaya tarik inti tidak diperhatikan lagi.
H.                Sifat bahan semikonduktor murni
·      Semikonduktor murni adalah suatubahan semikonduktor yang tidak di campuri atau di kotori dengan bahan lain.
·      Sifat bahan semikonduktor murni, hampir sama dengan isolator
Arus Pada Semikonduktor
·      Pada semikonduktor dikenal dua macam arus, yaitu arus drift dan difusi.
·      Arus drift dapat diartikan sebagai aliran sedangkan difusi di artikan sebagi penyebaran.
·      Arus drift adalah arus yang ditimbulkan oleh mengalirnya muatan-muatan yang disebabkan oleh perbedaan potensial.
·      Arus difusi dalah arus yang tidak di sebabkan oleh adanya perbedaan tegangan, melainkan akibat gerakan random dari partikel-partikel bermuatan yang disebabkan oleh energi panas.
I.                   Arus Listrik
Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya. Arus listrik dibagi menjadi 2 jenis:
1.Listrik arus searah atau DC(DirectCurrent) Aliran arus listrik yang konstan dari potensial tinggi ke potensial rendah . Pada umumnya ini terjadi dalam sebuah konduktor seperti kabel, Dengan listrik arus searah jika kita memegang hanya kabel positif (tapitidakmemegangkabelnegatif) , listrik tidak akan mengalir ke tubuh kita (kita tidak terkena strum) . Demikian pula jika kita hanya memegang saluran negatif
2.Listrik Arus bolak-balik( listrik AC --alternating current) adalah arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Jika kita memegang sumber listrik dan kaki kita menginjak bumi atau tangan kita menyentuh dinding, perbedaan tegangan antara kabel listrik ditangan dengan tegangan di kaki(ground) , membuat listrik mengalir dari tangan kekaki sehingga kita akan mengalami kejutan listrik.
J.                   Tegangan Listrik & Hambatan Listrik
Tegangan listrik (kadang disebut sebagai Voltase) adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensial listriknya, suatu tegangan listrik dapat dikatakan sebagai ekstra rendah, rendah, tinggi atau ekstra tinggi.
Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor)dengan arus listrik yang melewatinya

Bahan-bahan semikonduktor
·         Trivalent: logam-logam yang memiliki atom-atom dengan jumlah elektron terluar3 (tiga) buah seperti Boron (B), Galium(Ga), dan Indium (In)
·         Tetravalent: logam-logam yang memiliki atom-atom dengan jumlah elektron terluar4 (empat) buah seperti Silikon(Si), dan Germanium (Ge)
·         Pentavalent: logam-logam yang memiliki atom-atom dengan jumlah elektron terluar 5 (lima) buah seperti Fosfor(P), Arsenikum(As), dan Antimon(Sb).
Jenis-jenis semi konduktor

Komponen Semikonduktor
Dioda:jenisnya
·         DiodaPenyearah
·         DiodaZener(DiodaBreakdown)
·         LED (light emitting diode)
·         Photo Dioda
·         DiodaSchottky
·         DiodaStep-Recovery
·         DiodaVaractor
IC(Integrated Circuit):
Jenis IC yang umum digunakan:
·         IC Linier
·         IC TTL (Transistor TransistorLogic)
·         IC CMOS (Complementary Metal Oxide Semi conductor)
Beberapa Fungsi IC yang umum digunakan:
·         IC Penguat
·         IC Regulator
·         IC GerbangLogic
·         IC Counter
·         IC Converter
·         IC Multivibrator/Oscillator
·         IC Multiplekser/demultiplekser
·         IC Dekoder/Encoder
·         IC Audio Video
PCB
Printed Circuit Board (PCB) , sebuah papan yang penuh dengan sirkuit dari logam yang menghubungkan komponen elektronik satu sama lain tanpa kabel







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Akar,Batang,Daun Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Dari Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan Monokotil dan Dikotil 1)       Akar: A)      DIkotil: (1)     Tersusun dari akar tunggang (2)     Batas ujung akar & kaliptra tidak jelas (3)     Perisikel terdiri dari satu lapis sel (4)     Perisikel membentuk cabang meristem sekunder.contohnya Kambium dan Kambium Gabus. (5)     Empulur sempit/tidak memiliki empulur  pada pusat  akar. (6)     Xilem berada di dalam dan floem berada di luar. (7)     Memiliki cambium. B)       Monokotil: (1)     Jenis akar serabut. (2)     Batas ujung akar dan kaliptra jelas (3)     Perisikel terdiri dari beberapa lapis sel yang berdinding tebal yang hanya membentuk akar. (4)     Xilem dan floem letaknya berselang seling. (5)     Empulurnya luas pada pusat akar. (6)     Tidak memiliki cambium. 2)       Batang: A)      Dikotil: (1)     Batang bercabang. (2)     Pembuluh angkut teratur dalam susunan lingkaran. (3)     Punya cambium vaskuler,sehingga dapa

Unsur instristik dan ekstrinstik Novel Narnia dan Novel 99 Cahaya di Langit Eropa

Sinopsis Novel Narnia : Keponakan Penyihir Cerita ini dimulai di  London  sekitar tahun 1885, ketika dua anak,  Digory Kirke  dan  Polly Plummer  bertemu. Pada suatu hari, ketika sedang menjelajahi loteng rumah, mereka tanpa sengaja masuk ke ruangan yang salah dan mengejutkan paman Digory,  Andrew Ketterley . Paman Andrew, seorang  penyihir  yang belajar sendiri, menipu Polly untuk menyentuh sebuah  cincin  ajaib yang berwarna kuning. Hasilnya adalah Polly tiba-tiba lenyap. Lalu paman Andrew menipu Digory untuk mengikut Polly dengan memakai cincin lain, dengan janji bahwa Digory bisa membawa kembali Polly dengan menggunakan cincin ajaib berwarna hijau. Cincin-cincin tersebut memindahkan Polly dan Digory ke sebuah  hutan  dengan banyak  mata air . Di hutan tersebut,  Hutan antara Dunia-dunia , mereka menemukan bahwa ketika cincin yang tepat dipakai, dengan melompat ke mata air yang berbeda, mereka bisa masuk ke dunia yang lain. Digory meyakinkan Polly untuk ikut dan menjelajahi be

STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Berikut ini Admin akan menjelaskan tentang almamater Admin Yaitu STMKG(Sekolah Tinggi Meterologi Klimatologi dan Geofisika) STMKG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG), kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta, kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 – 1978 AMG dibawah Pusat Meteorologi dan Geofisika. Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (KM. 55/OT/PHB-1978 31 Maret 1978). Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (SK. Menhub No. KM 82 Thn 1999 Tgl 13-10-1999), dan kampusnya pindah dan berlokasi di Jl. Perhubungan I No.5, Komplek Meteo DEPHUB, Pondok Betung, Bintaro. Dan sampai tahun 2004 AMG tetap dib